Home » Review » Namaku Hiroko oleh NH Dini

Namaku Hiroko oleh NH Dini

Image

[buat whiny anti-spoiler, review ini mengandung sedikit spoiler. jauh-jauh gih]

Ini adalah novel NH. Dini yang pertama kali saya baca, sebenernya karena dipaksa teman karena suatu proyek yang melibatkan NH. Dini. Yaudah deh, dengan harapan akan ditraktir teman itu akhirnya saya kesampingkan antrian bacaan untuk membaca buku ini lebih dahulu. 

Namaku Hiroko ditulis dengan gaya memoir,tokoh utama (hiroko) sebagai sudut pandang pertama. Novel ini bercerita tentang seorang gadis jepang bernama Hiroko.. yaeyaalah, yang kayanya montok-montok hot gimana gitu. Cerita berawal dari kehidupan masa kecilnya di pedesaan yang sederhana sebagai anak dari buruh tani lalu berpindah ke kota dan terjebak oleh silau materialisme. Cukup klise sih tema-nya, tapi hal begini sangat mungkin terjadi di dunia nyata (yang kadang lebih absurd dan gak logis daripada dunia fiksi). Gaya berceritanya lempeng-lempeng aja, terkesan emotionless malahan, terasa seperti saat saya membaca E. Hemingway “The Sun Also Rises”. Namun seperti The Sun Also Rises pula, dibalik kesederhanaan tutur terasa ada pesan-pesan subtil yang mungkin baru terasa di pembacaan kedua. 

Yang menarik dari novel ini adalah pertimbangan moral dari Hiroko yang bisa dibilang liberal. Seks pertamanya dilakukan dengan adik dari majikannya, yang dilakukan tanpa penyesalan bahkan penuh kenikmatan. Kemudian dia melakukan hubungan intim dengan majikannya pula, dia tidak begitu menyukai majikannya tapi dia menikmati seks, jadi tetap dilakukan. Pertimbangan moral Hiroko ini seperti tanpa dasar, dia dibesarkan di desa dengan lingkungan cukup konservatif. Tiba-tiba saja dia menjadi wanita yang bebas saat tiba di kota. Memang dalam perjalanan ke kota Hiroko ditemani oleh Tomiko yang cukup liberal juga, yang berhubungan seks dengan orang-orang di kapal yang digambarkan secara implisit oleh NH. Dini. Namun rasanya alasan tersebut kurang kuat. Atau bisa juga NH. Dini berusaha memotret kultur masyarakat jepang yang memang sejatinya materialistis. Entah.

Momen yang cukup memorable saat membaca novel ini ada di 2/3 paruh buku. Tiba-tiba si Hiroko ini menjalin kasih dengan pemuda Supraprto dari Indonesia. Ini lucu, karena deskripsi NH. Dini tentang jepang dari awal begitu meyakinkan. Lingkungan, budaya, unggah-ungguh,  digambarkan dengan begitu baik sehingga saya merasa sedang membaca sebuah novel terjemahan. Kehadiran Suprapto membangunkan saya bahwa ini novel asli Indonesia. Belakangan baru saya baca bahwa NH Dini ternyata pernah beberapa saat tinggal di Jepang, yeah no wonder then.

Verdict, ini adalah novel yang cukup ringan, tidak ada belat-belit konflik yang memeras otak, dengan pesan-pesan yang lembut tersirat. Secara cerita terkesan seperti second-rate Memoirs of a Geisha, yang mengetengahkan girl power dan kekuatan perempuan untuk memutuskan hal-hal untuk dirinya sendiri tanpa pengaruh sosial. Dan juga bahwa kebebasan bukan hanya melulu keinginan pria, wanita juga mendambakan menyukai kebebasan. 

“..bahwa perkawinan adalah seperti sebuah pintu. Orang yang ada di luar ingin masuk. Sedangkan yang berada di dalam ingin keluar.” – Namaku Hiroko

3/5

 

2 thoughts on “Namaku Hiroko oleh NH Dini

  1. Ih inget deh aku baca ini waktu SMP, abis baca langsung panas dingin -_-
    tapi ini salah satu buku NH Dini yang aku suka, jadi yeah, well… untuk ukuran anak SMP udah lumayan kali ya.. hahaha

  2. Entah kenapa, waktu awal baca buku ini saya mikir Hiroko itu ya NH dini. Mksdnya di buku ini ada unsur biografinya NH Dini, mungkin efek dr buku yg Jepun negeri Hiroko itu.
    Tapi emang datar yah ini buku. Yang enak sih karakter Hiroko-nya.

    Oiya Mas Bambang, dikau temannya Ndari kan? Aku dari divisi member BBI, mau meng-add dirimu ke FBnya BBI, dan sy udah pernah kirim friend request. Tapi kata Ndari, mas Bambang gak nerima request dr aku ya? Bisa diri-mu yg add aku aja ndak? FBku : http://www.facebook.com/a.s.dewi.

    Makasi sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s